Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Selamat pagi anak-anak yang ibu banggakan, semoga hari ini kalian dalam keadaan sehat wal afiat, sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan lancar.
Sebelum ibu memulai pembelajaran hari ini, ibu ucapkan selamat untuk kalian semua sudah diterima belajar di sekolah kebanggaan kita SMP Negeri 5 Purbalingga, semoga kalian lancar dan sukses dalam menempuh study di SMP Negeri 5 Purbalingga.
Karena ini adalah pertemuan kita yang pertama, alangkah baiknya apabila ibu memperkenalkan pengampu mata pelajaran Prakarya terlebih dahulu. Berikut profil pengampu Mapel PRAKARYA kelas 7
Nama : Nurtadzkiroh, S.Pd.
Panggilan : Ita
Alamat : Desa Pegandekan RT 03 RW 01 Kemangkon Purbalingga
Mengajar : Prakarya Kelas 7A - F dan 9A-H
Nama : Fatia Rahmatu S, S.Pd.I
Panggilan : Fatia
Alamat : Desa Banjaranyar, Sokaraja, Banyumas
Mengajar : Prakarya Kelas 7G, dan PAI Kelas 9
Untuk perkenalan dengan cukup sekian dulu ya, kalau ada yang mau ditanyakan boleh nanti lewat WA pada saat pembelajaran melalui grup WA kelas kalian.
Langsung pada materi Prakarya kelas 7 tahun pelajaran 2021/2022 adalah sebagai berikut:
A. PENGOLAHAN
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
B. REKAYASA
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual,
(2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual adalah “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial adalah “Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi siswa.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut, yaitu siswa mampu:
Jadi untuk Mapel Prakarya yang diajarkan di SMP Negeri 5 Purbalingga hanya Aspek Pengolahan dan Rekayasa saja. Yang dievaluasi pada Penilaian Tengah Semester dan Penilaian Akhir Semester juga hanya aspek Pengolahan dan Rekayasa.
Demikian pengenalan materi Prakarya kelas 7 tahun pelajaran 2021/2022. Apabila ada yang belum jelas silahkan ditanyakan melalui grup WA kelas kalian.
Semangat belajar, tetap jaga kesehatan dengan di rumah saja 💪💪💪💪
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Komentar
Posting Komentar